CT-Day-banner

DKP Sulut- AJI Manado Gelar Workshop Jurnalistik Peringati The Coral Triangle Day

MANADO, SulutExplore.com — Dalam rangkaian kegiatan memperingati The Coral Triangle Day yang jatuh pada 9 Juni 2013, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Sulut bakal menggelar sejumlah agenda mulai 21 Mei – 21 Juni 2013 dengan tema sentral konservasi kawasan pesisir. Salah satu kegiatan yang digelar adalah Workshop Jurnalistik dengan menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado.

Kepala DKP Provinsi Sulut, Ir Ronald Sorongan MSi mengungkapkan, The Coral Triangle Day di Sulut tahun ini merupakan lanjutan kegiatan tahun sebelumnya. “Ada berbagai kegiatan yang digelar. Semua rangkaian kegiatan ini sasarannya antara lain untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya lingkungan melalui aksi dan kampanye konservasi lingkungan,” ujar Sorongan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ir Robert Senduk mengatakan The Coral Triangle Day merupakan kegiatan aksi dan kampanye lingkungan yang bertujuan memposisikan segitiga karang atau coral triangle sebagai wilayah ecoregion global dan jadi icon setiap hari. ”Ada beberapa kegiatan yang digelar seperti bersih pantai, kampanye lingkungan, pameran foto serta workshop jurnalistik,” ujar Senduk.

Sekretaris Panitia, Sonny Tasidjawa menambahkan, The Coral Triangle Day ini digelar di enam negara. Hanya saja di Indonesia atau Sulut, lanjut dia, lebih banyak kegiatan dibandingkan negara lain. “Intinya kegiatan nanti melibatkan semua pihak baik jurnalis, pelajar, mahasiswa, LSM, PNS dan lain-lain. Terutama aksi bersih pantai,” tambah aktivis Wildlife Conservation Society (WCS) ini.

Secara terpisah Sekretaris AJI Manado, Ishak Kusrant mengatakan, kegiatan workshop yang nantinya digelar antara lain bertujuan untuk memberikan pemahaman pada kalangan jurnalis tentang pentingnya konservasi kawasan pesisir yang merupakan salah satu aset bangsa yang harus dijaga. “Workshop ini juga dalam rangka meningkatkan kapasitas para jurnalis untuk lebih memahami isu-isu konservasi lingkungan, sekaligus memberikan pemahaman kepada warga melalui karya-karya jurnalistik,” papar Kusrant sambil menambahkan, kegiatan workshop tersebut rencananya digelar, Senin 3 Juni 2013 mendatang.